Hebat! Keberanian Jokowi - Jonan Menghadapi Ancaman Freeport


Mapasnews.com - Ancaman PT Freeport Indonesia untuk membawa pemerintah Indonesia ke pengadilan arbitrase sudah pernah dilakukannya semasa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Ketika itu yang menjabat Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) adalah Jero Wacik. Awalnya juga sama dengan sekarang, pemerintah memaksa mereka membangun smelter.

Pengamat energi dari Universitas Gajah Mada (UGM), Fahmi Radhi, mengatakan ketika itu SBY dan Jero Wacik ketakutan menghadapi ancaman perusahaan asal Amerika Serikat tersebut.

"Ini sempat dilakukan pada saat pemerintahan SBY, tapi pemerintahan SBY ketika itu takut," ungkapnya dalam diskusi bertajuk "Republik Freeport" di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (25/2).

Padahal, dia yakin kalau saat itu pemerintah SBY berani meladeni ancaman Freeport maka ada kemungkinan Indonesia menang. Menurutnya, keputusan Menteri ESDM saat ini, Ignasius Jonan, memaksa Freeport dari Kontrak Karya ke Izin Usaha Pertambangan Khusus sudah tepat.

"Keberanian Presiden Jokowi yang mendukung keputusan Jonan juga tepat. Saya kita semua harus mendukung pemerintah," ajaknya ( rmol. co )

Share this article :
+
0 Komentar untuk "Hebat! Keberanian Jokowi - Jonan Menghadapi Ancaman Freeport"