Sosok Wanita Sempurna Di Balik Kehebatan Ahok


Mapasnews.com - Benarlah  kata pepatah ini, “ Di balik pria yang sukses sebenarnya ada perempuan hebat yang mendukungnya”. Dan pepatah itu sangat pas disematkan kepada keluarga gubernur DKI Jakarta saat ini dan periode yang akan datang (ini doa saya meski saya bukan orang Jakarta), Basuki Tjahya Purnama alias Ahok.

Sosok Veronika Tan sebagai istri  memang bukan tipikal sosok perempuan flamboyan. Veronica Tan tidak suka   eksis serta tidak pernah narsis melalui media sosial. Dia sosok yang sangat sederhana. Dia tidak pernah ingin tampil menonjol diantara penampilan suami saat bekerja melayani masyarakat. Ini yang membedakan dengan sosok istri pasangan calon gubernur yang lain.

Jika kita melihat Ahok sebagai sosok yang tegar, kuat, tabah, dan tetap setia dengan sikap yang dipilihnya, maka kita tidak bisa mengabaikan fungsi atau peran Veronica Tan. Betapa rumit peran yang mesti dilakukan Veronica Tan di dalam menjaga keseimbangan kehidupan dalam keluarganya. Saat suaminya menghadapi serbuan dari musuh-musuh politiknya yang sangat brutal, sebagai istri dia pasti ikut merasakannya.

Di samping harus ikut menanggung apa yang mesti ditanggung Ahok sang Suami, Veronica Tan juga mesti memberikan pengertian yang pas untuk anak-anaknya. Tidak mungkin dalam situasi seperti ini, di dunia teknologi komunikasi yang serba modern ini, Veronica Tan melarang anak-anaknya menggunakan teknologi dan menolak media sosial. Dan bisa dibayangkan bagaimana tanggapan anak-anak Ahok saat membaca liarnya berita-berita di media sosial yang menyerang bapaknya. Pastilah mereka marah,kesal,geregetan dan ingin membalas dengan cara mereka.

Nah, dalam keadaan seperti itu, sosok ibunda sangat berpengaruh. Bisa dibayangkan bagaimana Veronika Tan menenangkan mereka dengan lembut, memeluk mereka, memberikan pengertian dengan penuh kesabaran karena emosi anak-anak yang belum stabil dalam usia seperti mereka. Betapa kesabaran dan kearifan serta kebijaksanaan seorang ibu sangat mempengaruhi perilaku anak-anak.

Kita bisa membayangkan betapa rumitnya peran Veronica Tan. Mendidik anak dalam situasi normal saja sangat rumit, apalagi situasi yang dihadapi Veronica Tan bukanlah situasi normal. Mendidik dengan tepat tiga sosok anak bukanlah persoalan sederhana, namun Veronica Tan berhasil menjadikan anak-anak bertumbuh baik jasmani dan rohani dengan ideal. Padahal banyak kisah ibu yang gagal mendidik anak-anak karena keadaan yang rumit dan sulit. Oleh karena itu seharusnya para ibu atau istri mencontoh Veronica Tan di dalam mengelola keluarga yang di dalamnya ada hal mendidik anak.

Di saat masih harus mendampingi serta memberikan pengertian kepada anak-anaknya, Veronica Tan juga mesti harus selalu siap menerima kepulangan suami dari rutinitas pekerjaannya sebagai gubernur DKI yang melelahkan. Mari dibayangkan saat suami pulang dengan seabrek persoalan, selain letih secara fisik juga letih secara psikis, maka semua kepenatan itu mesti segera ditumpahkan. Dalam segala keadaan seperti itu, sebagai istri, Veronica Tan harus tegar,harus sabar, harus siap menjadi sosok ibu, sosok sahabat untuk suami tercinta agar kepenatannya tidak berubah menjadi kemarahan.

Mari sedikit kita bayangkan jika sosok Veronika Tan adalah sosok yang temperamental, maka anak-anaknya akan menjadi sosok pemarah, sosok tidak ramah terhadap siapa saja. Jika Veronica Tan adalah sosok sosok yang suka curhat, maka semua persoalan keluarga dan juga tugas suaminya akan segera bocor dan mengalir ke mana-mana. Jika Veronika Tan adalah sosok pemarah dan sosok sadis, maka beliau akan memenuhi berita dengan kemarahannya. Dan jika terjadi yang seperti di atas maka,selain Ahok gagal fokus karena masih harus memikirkan rumah tangganya juga dunia media sosial akan semakin ramai dengan ciutan, curhatan dan kemarahan Veronica Tan.

Tetapi untunglah, Ibu Veronica Tan bukan sosok yang seperti saya andaikan di atas. Beliau adalah sosok ibu yang sesungguhnya. Sosok perempuan yang tahu akan tugas serta tanggungjawabnya. Sosok yang bisa mengelola waktu dengan tepat. Sosok yang bisa memilah dan memilih mana yang perlu dan mana yang tidak perlu. Sosok yang berani tampil sederhana, meski di sekitarnya bergelimang harta.

Sosok Basuki Tjahya Purnama alias Ahok yang kita lihat tegar, tenang, sangat dewasa dan teguh pada prinsip hidup itu adalah hasil didikan yang tepat dan juga hasil dari pendamping ideal bernama istri, dan dialah Veronica Tan. Menarik untuk kita ikuti terus kisah pasangan suami istri ini, bagaimana kelanjutan kisah beliau berdua bersama keluarga saat usai pilkada. Menjadi gubernur lagi atau tidak, nampaknya keluarga Basuki Tjahya Purnama adalah model keluarga yang memang pantas menjadi contoh kita semua.
Share this article :
+
0 Komentar untuk "Sosok Wanita Sempurna Di Balik Kehebatan Ahok"