Ucapan Wasiat Terakhir Dari Kiai Hasyim sebelum wafat


Mapasnews.com - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengungkapkan KH Hasyim Muzadi pernah berpesan untuk terus membangun persaudaraan dan harmoni untuk menjaga keutuhan berbangsa dan beragama.

"Seminggu lalu yang beliau mandatkan, basis dalam membangun harmoni adalah membangun persaudaraan. Ini mandat sekaligus wasiat yang sangat berat," kata Khofifah di rumah duka di komplek Pondok Pesantren Al-Hikam Depok, Jawa Barat, seperti dilansir Antara, hari ini.

Khofifah menjenguk Kiai Hasyim di kediamannya, kompleks Pondok Pesantren Al Hikam, Malang Jawa Timur, Minggu 12 Maret lalu. Saat itu, menurut Khofifah, kondisi kesehetan mantan Ketua Umum PBNU itu berangsur membaik dan tinggal membutuhkan istirahat untuk memulihkan stamina anggota dewan pertimbangan presiden itu.

Presiden Jokowi, kemarin juga menjenguk Kiai Hasyim bersama Ibu Negara Iriana Jokowi dan mengatakan kondisi pengasuh Ponpes Al Hikam itu membaik. Sehari setelah dijenguk Presiden atau tadi pagi pukul 06.15 WIB KH Hasyim Muzadi menghembuskan napas terakhirnya. Jenazah mendiang Kiai Hasyim rencananya akan dikebumikan di kompleks Ponpes Al Hikam, Beji, Depok, sore nanti.

Khofifah mengatakan, pesan tersebut disampaikan secara khusus kepada dirinya yang merupakan Ketua Umum PB Muslimat Nahdlatul Ulama (NU). Dia menjelaskan,  membangun persaudaraan antar umat Islam, antar bangsa, antar umat beragama, persaudaraan sesama manusia, dan persaudaraan antar NU adalah akar dalam menciptakan harmoni.

Harmoni dalam kehidupan umat beragama, antar suku bangsa Indonesia dan harmoni antar umat Islam akan menjadi pondasi NKRI.

Mensos juga menekankan pentingnya dalam membangun persaudaraan antar umat Islam mengingat ada perbedaan gerakan, berbeda visi, namun tetap dalam misi besar yaitu Islam sebagai agama rahmatan lil alamin.

Khofifah yang seharusnya mendampingi Presiden RI Joko Widodo ke Kalimantan Barat untuk melakukan kunjungan kerja bersama Menteri Kesehatan dan Sekretaris Kabinet, hari ini meminta izin Presiden untuk melayat ke rumah duka almarhum KH Hasyim Muzadi.
Share this article :
+
0 Komentar untuk " Ucapan Wasiat Terakhir Dari Kiai Hasyim sebelum wafat"